Unduh iBrita sekarang untuk berita-berita terbaru

Sehari Bersama Sanur Village Festival 2018: Ini Pilihan Agendanya

Tribun Bali
Image Sehari Bersama Sanur Village Festival 2018: Ini Pilihan Agendanya

TRIBUN-BALI.COM - Menyambut matahari pagi di Bali, tentu, banyak orang sepakat merujuk Pantai Sanur.

 Bahkan, mendiang Perdana Menteri India Jawaharlal Nehru pernah menyebut Sanur sebagai morning of the world.

 Lantas apa hubungan pagi sampai malam di acara Sanur Village Festival?

 Inilah cerita yang dapat saya bagikan kepada para calon pengunjung Sanur Village Festival.

 Sanur Village Festival merupakan perayaan warga Desa Sanur, yang dihelat pertama kali pada 2006.

Tahun ini Sanur Village Festival akan digelar 22-26 Agustus 2018 di Pantai Matahari Terbit, Sanur.

Temanya, Mandala Giri, yaitu sebuah refleksi atas meningkatnya aktivitas vulkanik Gunung Agung agar menjadi kesadaran bersama dalam kemanusian, persaudaraan, dan kecintaan pada semesta.

 Ada banyak program yang bisa dipilih untuk turut berpartisipasi maupun sekadar menikmati suasana festival yang penuh pesona keindahan dan keramahan masyarakat Sanur.

Seperti yang telah dan akan dilaksanakan kembali dengan ditambah program unggulan, pengunjung dapat mengagendakan program sehari bersama Sanur Village Festival.

 Menyambut Matahari Pagi

SVF
SVF (Istimewa)

Bila cuaca cerah, Gunung Agung akan terlihat bersama-sama menghantar paginya Bali.

Setiap pergerakan naiknya matahari dipastikan akan menyihir anda dalam menikmati pagi.

Maka, tidaklah berlebihan bila anda menyiapkan kamera atau ponsel untuk mengabadikan momen indah itu, termasuk berselfie yang nantinya dapat dibagikan ke media sosial.

 Setelah puas menikmati pagi, anda bisa melanjutkan program yoga asana bersama persaudaraan yoga Seger Oger Sanur.

Perkumpulan yoga yang lahir dari Desa Sanur ini akan mengajak anda untuk berolah gerak dan nafas.

Tempat aktivitas yoga sendiri berada di Pantai Karang.

Setiap pagi dari pukul 7 sampai selesai anda akan dibimbing oleh praktisi yoga yang berpengalaman untuk mencoba dan melaksanakan berbagai gerakan asana.

Anda cukup menyediakan alas saja, dan langsung turut serta.

 Berkeliling Desa dengan Bersepeda

Bila anda ingin mengetahui lebih dekat Desa Sanur dengan pengalaman bersepeda, maka ikutlah Program Sanur Cycling SVF. 

Program ini dirancang untuk mengintimasi pengunjung yang memiliki hobi bersepeda untuk mengelilingi Sanur yang tidak cukup seharian dukunjungi dengan berjalan kaki atau kendaraan.

 Pedistrian tepi pantai yang membentang dari Pantai Matahari Terbit sampai Pantai Mertasari adalah jalur favorit para biker, belum lagi jalan-jalan desa yang nyaman akan menantang untuk dicoba. 

Para pemandu menyiapkan jalur khusus dengan beberapa pilihan, para peserta tinggal mendaftar dan memilih jalur yang diminati.

 Menikmati Kuliner Khas Sanur

Lelah selepas bersepeda mengelilingi Sanur, para pengunjung dapat rehat sejenak sambil menikmati kulinari khas Sanur.

Masih disekitar area Pantai Sanur, pengunjung dapat mengunjungi masakan khas soup ikan laut dengan sambalnya di Warung Mak Beng.

Serasa dengan citra masakan soup ikan pengunjung juga dapat mampir di Warung Ada yang berada di areal pintu masuk Pantai Matahari Terbit.

 Sedangkan untuk kulinari dengan menu utama nasi campur Bali dengan ayam, sayur dan sambal pedas, pengunjung dapat mengunjungi warung Men Weti di Jalan Pantai Segara dan Warung Adi di Jalan Danau Buyan, Sanur.

Semua kulinari ini sangat terkenal dan sangat direkomen untuk dikunjungi dan dicoba.

 Program Siang sampai Sore

Beraragam program siang sampai sore yang bersifat fun, perlombaan, olah raga air maupun aksi lingkungan seperti penanaman terumbu karang bisa diikuti.

Para pengunjung tinggal melihat jadwal dan lokasi yang tersedia begitu memasuki area venue yang terpampang besar.

Menjelang terbenamnya matahari di main venue sudah mulai hidup dengan beragam program fun, seni, musik, dan food bazar.

Pengunjung bisa langsung melepas lelah seharian sembari menyeruput minuman maupun mencicipi makanan yang tersedia di stand-stand yang mengelilingi main venue.

Beragam pilihan makanan dengan harga yang sesuai kantong anda bisa dipilih, dan tentu makanan dengan kualitas restaurant bintang lima maupun yang terkenal di Sanur.

Mulai makanan lokal, nusantara, India, Jepang, Italia serta Eropa lainnya sangat menggiur untuk dicoba.

 Gemerlap Festival

Panggung utama selalu menggoda dan selalu pula menghadirkan kejutan yang berbeda.

Pengunjung cukup menyiapkan tempat  dekat dengan panggung tentu akan mendapat keistimewaan menikmati gemerlap ragam hiburan festival.

 Sanur Village Festival menggelar beragam acara seni budaya, music jazz, reggae, pop, pop Bali, blues, sampai alunan gambelan tradisional, dan sesekali berdialog dengan musik kontemporer.

Yang menarik dan biasa ditunggu-tunggu pengunjung adalah kehadiran artis nasional yang menjadi idola sebagian pengunjung.

 Tak kalah menarik adalah pertunjukan seni yang mengusung kekuatan jati diri Desa Sanur, yakni aneka tari bali dengan iringan gamelan dan seni kreasi lain yang mengelaborasi kreativitas warga.

Seniman tari dari Desa Sanur yang berasal dari berbagai banjar yang ada akan tampil dengan garapan baru dengan koreografi yang berbeda dari setiap tampilannya di Sanur Village Festival.

 Masih di panggung utama, partisipan dari luar daerah Bali maupun luar negeri juga hadir untuk mengisi malam yang penuh pesona budaya.

Di pelaksanaan festival pengunjung dapat menikmati corak semarak budaya yang diusung membaur dengan lentur, hal ini membuktikan Sanur merupakan desa terbuka bagi peradaban dan kebudayaan.

 Rasanya bukan hanya sedikit yang anda dapatkan bila mengunjungi Sanur Village Festival seharian, dari itu tinggal menyiapkan waktu saja untuk memilih kapan join.

Sanur Village Festival selalu menunggu anda dan jangan sampai terlewatkan. (Yudha Bantono)